Mesin Bor Tangan dan Bor Duduk

Mesin Bor merupakan alat yang bisa digunakan untuk membuat lubang, alur, perluasan, dan penghalusan dengan presisi dan keakuratan. Terdapat beberapa jenis mesin bor, dia diantaranya yaitu mesin bor duduk dan mesin bor  tangan. Mesin Bor Tangan merupakan mesin bor yang metode pengoperasiannya dengan memakai tangan dan fisiknya seperti pistol. Mesin bor tangan rata-rata diperlukan untuk melubangi kayu, tembok ataupun plat logam. Khusus dari mesin bor tangan ini tidak hanya bisa dipakai untuk menciptakan lubang namun juga dapat dipakai untuk mengencangkan baut ataupun melepas baut karena di lengkapi 2 putaran yakni kanan dan kiri (reversible). Mesin bor tangan ini tersedia dalam beraneka ragam ukuran, bentuk, kapasitas, dan fungsinya masing-masing. Semua tipe memiliki kelebihan dan kelemahan tersendiri karena mempunyai fungsi dan kegunaan tersendiri.
 
Sumber : Perkakasku.com

Salah satu contoh mesin bor tangan ialah Tekiro Ryu RDR 10-1RE. Sebuah mesin bor ekonomis dengan daya listrik 350 watt cukup bertenaga untuk menghasilkan kecepatan tanpa beban 0-3000 rpm. Mesin Bor ini bisa digunakan untuk bor kayu dan besi. Tekiro Ryu RDR 10-1RE memiliki kapasitas bor besi 1,5-10 mm. Selain itu, mesin ini sudah dilengkapi dengan fitur variable speed dan reversible sehingga putarannya bisa ke kanan dan ke kiri. Dengan tambahan dudukan mesin bor Nankai, Mesin Bor dari Ryu Power Tools ini dapat berfungsi sebagai bor duduk mini. Sangat praktis dan cocok untuk melengkapi kebutuhan perkakas mesin di rumah Anda.
Jenis kedua adalah mesin bor duduk yang wujudnya seperti orang sedang duduk. Mesin bor duduk ini dipakai untuk membuat lubang benda kerja dengan diameter yang kecil. Prinsip kerja mesin bor duduk ini adalah  putaran motor listrik yang diteruskan ke poros mesin hingga poros dapat berputar. Kemudian poros berputar yang sekaligus juga sebagai pemegang mata bor duduk ini mampu digerakkan naik turun bersama bantuan roda gigi lurus dan gigi rack yang akan mengatur tekanan pemakanan ketika pengeboran.

 
Sumber : Perkakasku.com

Mesin bor duduk merupakan salah satu perkakas yang terpenting dalam perbengkelan dan berfungsi untuk membuat sebuah lubang. Adapun peran utama dari mesin bor ini adalah mesin bor duduk ini menggenggam mata bor, mengikis memutar untuk menghasilkan lubang pada benda kerja. Kinerja mesin bor duduk ini memakai daya motor listrik dan kemudian ditransmisikan dengan memakai hubungan puli dan sabuk, kemudian daya biasnya akan diteruskan ke dalam mata mesin bor duduk ini. Sebagai contohnya adalah Mesin Bor Duduk Nankai 13mm yang biasanya ditempatkan di atas lantai atau di atas meja kerja. Mesin bor ini menggunakan motor induksi 1/3 HP atau 250 Watt. Terdapat 5 pengaturan kecepatan yang harus dilakukan secara manual dengan memindahkan fanbelt dari puli penggerak yang terletak di bagian atas mesin. Nankai 13 mm ini memiliki kecepatan tanpa beban 1420 rpm.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages