Mesin Gerinda Duduk


Disini saya akan menjelaskan tentang mesin gerinda duduk saja, macam – macam mesin gerinda antara lain yaitu mesin gerinda duduk, mesin gerinda potong, mesin gerinda tangan, mesin gerinda silindris, mesin gerinda datar, itu mesin gerinda yang saya tahu dan untuk pertama kali saya akan coba untuk menjelaskan tentang mesin gerinda duduk.
Definisi dari mesin gerinda duduk yaitu digunakan untuk pahat, mata bor dan dapat juga digunakan untuk mengasah bahan- bahan yang terbuat dari besi antara lain pisau dapur, golok, kampak, mata baja, arit dan zaman sekarang dibuat bisnis untuk mengasah batu akik dan lain – lain.
Kemudian mesin gerinda duduk ini selain digunakan untuk mengasah, mesin gerinda duduk juga dapat digunakan untuk membentuk atau membuat benda baru atau perkakas baru, seperti membuat suku cadang mesin – mesin, membuat obeng atau alat bantu lainnya.

·         Bagian dari mesin gerinda duduk :
§  Bagian badan mesin yang biasanya terbuat dari besi tuang yang memiliki sifat sehagai peredam getaran yang baik. fungsinya adalah untuk menopang meja kerja dan menopang kepala rumah spindel.
§  Bagian poros spindel merupakan bagian yang kritis karena harus berputar dengan kecepatan tinggi juga dibebani gaya pemotongan pada batu gerindanya dalam berbagal arah.
§  Bagian meja juga merupakan bagian yang dapat mempengaruhi basil kerja proses gerinda karena diatas meja inilah Benda kerja dilelakkan melalui suatu ragum ataupun magnetic chuck yang dikencanukan pada meja ini.
·         Power Transmission
Power Transmission grinda dilindungi oleh pelindung tetap sebagai peredam getaran. Power Transmission grinda berupa spindle.
·         Point Of Operation
Point Of Operation grinda ini merupakan bagian mesin yang dirancang untuk mengasah atau rnengikis benda kerja.
·         Pelindung yang Dapat Diatur
Pelindung ini adalah safety glass, di mana dirancang untuk melindung bagian atas badan pekerja seperti bagian wajah dari percikan api.
·         Heavy wheel guard
Heavy wheel guard bertujuan untuk melindung gerinda pada saat berputar dan merupakan pelindung tetap.
·         Meja Benda
Meja benda bertujuan untuk mengontrol benda pada saat penggerindaan dan mempengaruhi hasil dan penggerindaan.

 
Alat Pelingdung diri untuk mesin gerinda duduk :
1.      Masker
 
Fungsi dari penggunaan masker pada saat pengoperasian mesin gerinda duduk yaitu agar debu yang dikeluarkan pada saat meggerinda tidak masuk ke hidung ataupun mulut.
2.      Kaca mata
 
Fungsi dari penggunaan kaca mata pada saat pengoperasian mesin gerinda duduk yaitu agar mata tidak terkena percikan api pada saat menggerinda
3.      Earplug

Fungsi dari penggunaan earplug pada saat pengoperasian mesin gerinda duduk yaitu utnuk mengurangi suara yang begitu keras yang dikeluarkan mesin pada saat mesin sedang menyala.
4.      Topi
 
Fungsi dari penggunaan topi pada saat pengoperasian mesin gerinda duduk yaitu agar debu tidak menempel dirambut pada saat pengoperasian mesin gerinda.
Disini saya akan menjelaskan uraian langkah kerja  pada pengoperasian mesin gerinda duduk, penjelasan disini saya sederhanakan dengan menggunakan flowchat.
 
Sekian penjelasan dari mesin gerinda duduk yang masih jauh dari kata sempurna, mungkin ini saja yang dapat saja jelaskan dan mohon maaf apabila masih kurang lengkap, apabila ingin tahu macam – macam gerinda bisa di cari lagi ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pages